Beberapa Kesalahan Dalam Merawat Ayam Aduan Yang Harus Dihindari!

Posted on

Merawat ayam aduan agar menjadi ayam petarung yang tangguh tentu saja harus dilakukan dengan baik. Jika perawatan terbaik diberikan untuk ayam maka kemungkinan ayam akan menjadi petarung yang kuat dan menang dalam setiap pertandingan yang diikuti. Tentu saja disini tata cara untuk merawat ayam tersebut harus benar benar untuk dilakukan dengan tepat.

Disini pemilik ayam aduan harus benar benar paham mengenai bagaimana memberikan perlakuan untuk ayam yang akan digunakan dalam sebuah pertandingan. Perhatikan mulai dari pemberian pakan, kesehatan ayam, kemampuan ayam dan lain sebagainya. Hal ini supaya ayam yang dijagokan akan menjadi pemenang dalam setiap pertarungan tersebut.

Hindari Kesalahan Dalam Merawat Ayam Aduan

Pahami mengenai langkah dan cara yang tepat dalam memberikan perawatan atau merawat ayam aduan untuk menjadi petarung yang hebat. Jangan lakukan berbagai kesalahan dalam merawat ayam tersebut karena akan menyulitkan untuk menang pada saat melakukan proses taruhan. Apa saja kesalahan dalam melakukan perawatan ayam aduan?

  • Kandang Ayam Tidak Terpisah
    Salah satu kesalahan dalamĀ  melakukan perawatan untuk ayam aduan adalah tidak memisahkan kandang ayam. Kebanyakan melakukan kesalahan dengan menggabungkan ayam aduan dengan ayam ayam yang sudah tua. Menggabungkan ayam yang akan dipakai untuk pertandingan dengan ayam lainnya tentu hal ini merupakan tindakan yang kurang tepat. Oleh karena itu sebaiknya pisahkan kandang ayam yang masih dipakai dalam pertandingan dengan ayam yang memag sudah tua atau masih kecil.
  • Pemberian Pakan Yang Salah
    Bahkan kesalahan lainnya yang perlu untuk dihindari dalam merawat ayam aduan adalah jangan memberikan pakan yang salah atau tidak tepat. Misalnya memberikan pakan nasi untuk ayam ayajm aduan itu merupakan tindakan yang kurang tepat. Pemberian pakan nasi akan merugikan ayam karena pertumbuhan dan perkembangan otot ayam akan lebih cepat sehingga ayam akan lebih cepat gemuk.
  • Menjemur Ayam Terlalu Lama
    Kesalahan lainnya dalam perawatan ayam petarung adalah proses menjemur ayam terlalu lama atau berlebihan. Proses untuk menjemur ayam yang bagus adalah 3 jam saja mulai pukul 07.30 hingga maksimal waktu 10.00 pagi. Jika durasi terlalu lama dan cuaca panas maka hal ini akan membuat ayam lemas dan kemungkinan mati.
  • Latihan Yang Tidak Benar
    Kemudian untuk melatih ayam sebaiknya dilakukan dengan tata cara yang tepat sesuai dengan prosedur yang seharusnya. Namun terkadang banyak yang salah kaprah dalam melatih ayam aduan sehingga akhirnya ayam kelelahan dan stres sehingga tidak bergairah untuk melakukan pertarungan. Bahkan justru ayam menjadi sakit.

Berbagai kesalahan dalam melatih ayam aduan sebaiknya kamu hindari. Jangan sampai terjadi kerugian yang mengakibatkan ayam mati dan stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *